3D Printer adalah Teknologi Modern dalam Dunia Percetakan

3D Printer adalah Teknologi Modern dalam Dunia Percetakan

3D Printer adalah Teknologi Modern dalam Dunia Percetakan

Pernahkah Anda mendengar mengenai teknologi terbaru dalam dunia printer? Dulunya, mesin printer hanya digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan ke media seperti stiker, kertas, piring, plastic atau dalam bentuk foto. Namun saat ini sudah ada teknologi lebih canggih yang merupakan 3D printer. Untuk yang belum familiar, 3D printer adalah sebuah proses untuk membuat atau mencetak benda padat atau 3 dimensi dari desain yang sudah tersedia dalam format digital dan dibuat ke dalam bentuk 3D yang tidak sekedar nampak secara kasat mata namun juga bisa disentuh langsung, bisa diraba dan memiliki volume tertentu. Tentu saja kemajuan teknologi yang satu ini menjadi sebuah keberhasilan yang sangat menggembirakan karena kebutuhan mencetak apapun saat ini tidak lagi sekedar diatas kertas putih biasa namun sudah beralih ke berbagai bentuk yang lebih unik, kreatif dan limited edition.  Jika digunakan dengan maksimal maka 3d printer bisa digunakan untuk industri skala kecil, industri rumahan bahkan menunjang bisnis Anda dengan skala besar sekalipun. Yang selama ini hanya berangan-angan mencetak desain dengan teknologi digital sudah bukan lagi impian belaka. Semuanya sudah menjadi nyata dan ada di depan mata Anda.

3D printer adalah bukti bahwa teknologi merambah semua aspek tidak hanya sekedar gadget, gaya hidup dan pekerjaan saja. Cara kerja printer 3D ini adalah dengan membuat terlebih dahulu cetakannya yang sebenarnya sama atau sejenis dengan printer konvensional yang bisa digunakan untuk menciptakan layer atau lapisan berwarna sehingga akan menghasilkan objek 3D yang nampak seperti wujud aslinya. Namun, yang membedakan pada printer 3D ini adalah yang dipakai bukan lagi tinta cetak biasa tetapi jenis plastic molten wax dan bahan lainnya seperti logam atau besi sehingga nantinya bisa menciptakan jenis model bentuk yang diharapkan. Dalam hal cetak 3 dimensi ini prinsipnya adalah yang dibutuhkan sebagai modal utama untuk menghasilkan benda 3d adalah data digital 3 dimensi. Biasanya istilah tersebut juga dikenal dengan nama CAD atau Computer Aided Design. Dimana bentuknya adalah aplikasi namun bisa menampilkan data dalam format 3D secara langsung.

Sistem Kerja 3D printer adalah ada 3 tahapan yang berbeda yaitu:

  • Membuat Model 3D

Untuk membuat model dari objek 3D yang akan dibuat nantinya maka Anda harus menggunakan software khusus untuk bisa mendesain model 3D nya yang nantinya bisa mendukung printer yang ada untuk mencetak objek tersebut. Contoh software nya adalah delcam, solidwork dan lainnya. Software pastikan hanya menggunakan yang original jangan pernah tergoda menggunakan software palsu atau bajakan.

  • Printing Process

Kemudian jika Anda sudah menyiapkan desainnya maka bisa melanjutkan ke printing process. Pastikan Anda membuat terlebih dahulu desain yang matang sehingga ketika printer sudah siap Anda bisa langsung print desain tersebut. Untuk proses pencetakan desain berbeda-beda antara desain satu dan lainnya. Beberapa factor yang mempengaruhi antara lain adalah ukuran, desain, volume, kerumitan desain dan lainnya. Prinsip dasar saat menjalankan printing process ini adalah Additive Layer yang mana procesnya dimulai dari mesin membaca desain 3D lalu akan melakukan proses penyusunan setiap layer secara bertahap. Nantinya jika sudah selesai maka bisa terlihat objek 3D yang sudah menjadi utuh.

  • Finishing Process

Untuk tahapan yang terakhir adalah finishing. Anda bisa menyempurnakan bagian yang belum begitu sempurna yang lebih kompleks misalnya saja disebabkan oleh size yang ternyata berbeda dari yang Anda harapkan. Ada teknik yang digunakan pada tahapan finishing ini yaitu multiple material techniques.

3D printer adalah kemajuan teknologi di dunia modern seperti sekarang yang harga per pcs nya cukup mahal. Tidak hanya menyentuh di angka jutaan saja bahkan ada yang satu unit printernya dihargai hingga ratusan juta rupiah. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan akan membeli salah satu atau beberapa diantaranya maka pastikan Anda memang sangat membutuhkannya. Banyak perusahaan sekelas internasional seperti perusahaan tas, perusahaan sepatu yang menciptakan produk best seller dengan mengandalkan printer 3D ini. Awalnya mereka akan menggunakannya untuk mencetak dummy product baru kemudian mencetak final product secara massal jika dirasa sudah memenuhi standard. Harga membeli satu unit printer 3D memang mahal dengan budget besar namun jika dibandingkan dengan hasil produksi yang cepat dan bisa skala besar maka jatuhnya justru akan lebih hemat.

Sebenarnya, printer 3D ini sudah muncul di dunia sejak jaman dulu hanya saja teknologi yang digunakan belum secanggih saat ini.Printer 3D adalah printer masa kini yang memang sedang sangat happening di dunia. Di Indonesia sendiri masih sangat terbatas yang memilikinya karena memang harganya yang tidak murah. Ternyata manfaat lahirnya printer 3D ke dunia bukanlah tanpa alasan.

Kegunaan Lain 3D Printer

  • Untuk Dunia Kesehatan

Tahukah Anda jika 3D printer sudah dipakai dalam dunia medis. Fungsinya adalah untuk membuat replica organ dalam manusia atau organ tubuh lainnya seperti tangan, kaki dan lainnya. Jika sudah jadi maka objek yang di print bisa digunakan untuk mengganti organ yang sudah rusak. Dengan begitu nyawa manusia bisa tertolong lebih cepat tanpa harus menunggu lama untuk datangnya pendonor yang juga tidak selalu bisa diandalkan.

  • Untuk Mainan Anak-anak

Yang kedua adalah printer 3D ini bermanfaat untuk mencetak berbagai mainan anak-anak. Dengan menggunakan printer 3D maka waktu produksi bisa lebih cepat dan biayanya akan lebih hemat. Perusahaan mainan ternama sudah menggunakan teknologi ini sehingga mainan yang diproduksi juga biasanya harganya lebih mahal namun berkualitas baik.

  • Untuk Dunia Otomotif

Saat ini 3d printer juga bermanfaat untuk dunia otomotif. Biasanya manfaatnya adalah untuk mencetak onderdil yang mana ukurannya memang harus presisi sehingga tidak justru mengganggu fungsi kendaraan bermotor saat sudah dipasang. Selain untuk memproduksi suku cadang, fungsi lainnya juga untuk membuat body kendaraan yang rusak sehingga bisa sama persis sesuai aslinya.

Selain fungsi diatas ada juga kelebihan dan kekurangan dari 3d printer yang juga sebaiknya Anda tahu. Untuk kelebihan 3D printer adalah masih berhubungan dengan proses pembuatan berbagai macam jenis produk berikut software yang digunakan. Proses nya sangat detail hingga untuk ukuran terbesar dan paling kecil sekalipun semua bisa. Kemudian kelebihan lainnya adalah waktu pembuatannya sangat singkat dan cepat tidak akan lebih dari 1 menit tergantung dengan volumenya. Selain itu tidak terbatas membuat produk apapun karena bisa menciptakan produk seperti perhiasan, baju, mobil, gadget , sepatu dan peralatan lainnya. Untuk kekurangannya tentu saja harganya masih sangat mahal sehingga belum bisa dijangkau oleh semua kalangan, selain itu untuk beberapa hal printer 3d ini masih dianggap kurang praktis apalagi jika ukurannya masih sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *