7 Produsen Printer 3D Terbaik Dunia

7 Produsen Printer 3D Terbaik Dunia

7 Produsen Printer 3D Terbaik Dunia

Terlepas dari popularitasnya yang menanjak pesat selama 10 tahun ke belakang, industri 3D printing sebenarnya sudah ada sejak lama. Beberapa produsen printer 3D terbaik di dunia mendominasi pasaran dengan tingkat pertumbuhan yang luar biasa. Diperkirakan pada tahun 2025 nanti, nilai pasar dalam industri ini akan mencapai $42,9 miliar.

Ada berbagai faktor yang konon menjadi pemicu tumbuh pesatnya industri ini antara lain kustomisasi massal, pembuatan produk yang lebih kompleks, investasi dari pemerintahan dan juga kualitas produk printer yang dihasilkan oleh produsen. Untuk mengetahui lebih jauh tentang industri ini, berikut 7 produsen printer 3D terbaik di dunia.

 

1. HP

Meskipun tidak mengkhususkan diri dalam bidang pencetakan 3 dimensi, Hawlett Packard atau HP melakukan berbagai langkah untuk teknologi ini. Salah satunya adalah dengan membuat terobosan teknologi Multi Jet Fusion. Pada tahun 2017 lalu, perusahaan ini juga meluncurkan laboratorium canggih pertama di dunia. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan dalam pengembangan, pengujian dan pengiriman bahan untuk menciptakan teknologi cetak 3 dimensi yang lebih canggih.

Untuk rencana ke depan, CEO HP, Dio Wiesler akan memperluas objek cetak 3 dimensi mereka dengan menggunakan logam. Saat ini perusahaan juga sudah memiliki pusat pencetakan di Guangdong, Cina. Ini menjadikan tempat ini sebagai sektor manufaktur pertama di dunia yang memiliki nilai $12 triliun. Hal ini juga menunjukkan komitmen HP untuk memuaskan kebutuhan pasar terhadap teknologi cetak 3 dimensi.

 

2. 3D Systems

Berdiri sejak tahun 1983, 3D Systems telah menyediakan beragam produk dan layanan cetak 3 dimensi. Mulai dari printer 3D dan bahan cetak hingga layanan suku cadang serta alat desain digital. Perusahaan ini didirikan oleh Chuck Hull yang merupakan penemu teknik stereolithografi.

Sebagai produsen printer, 3D Systems tenty saja bertujuan menyederhanakan proses cetak 3 dimensi ini dengan perampingan rantai pasokan untuk perusahaan manufaktur. Hal ini mereka lakukan dengan menyediakan bahan baku seperti bubuk logam, filamen plastik hingga mesin kontrol numerik komputer (Computer Numerical Control/CNC).

 

3. Stratasys

Stratasys telah berkecimpung di dalam dunia percetakan 3 dimensi sejak tahun 1988. Fokus utama mereka adalah dengan menyediakan teknologi ini untuk pasar kesehatan, industri penerbangan, otomotif hingga pendidikan. Pada skala global, perusahaan ini memiliki lebih dari 600 paten dalam manufaktur aditif.

Beberapa teknologi canggih yang berhasil mereka ciptakan antara lain adalah 3D FDM, PolyJet dan WDM. Mereka membuat prototipe dan barang-barang yang diproduksi secara langsung dari file desain komputer dan konten 3D lainnya. Stratasys memiliki beberapa anak perusahaan termasuk MakerBot, GrabCAD, RedEye On Demand dan Solid Concepts.

 

4. Voxeljet

Voxeljet merupakan produsen sistem pencetakan 3 dimensi untuk aplikasi industri seperti perusahaan jasa otomotif, teknologi penerbangan, otomotif, industri alat berat, arsitektur hingga seni, desain dan museum. Selama beberapa dekade terakhir Voxeljet juga telah mencatatkan kemajuan yang mengejutkan. Antara tahun 2010 hingga tahun 2018, Voxeljet menyatakan bahwa tingkat pertumbuhan gabungan pendapatan mereka mencapai 24%.

Beberapa portofolio yang dimiliki oleh Voxeljet antara lain adalah sistem penelitian hingga sistem 3D untuk produksi format besar hingga pencetakan 3 dimensi kimia. Voxeljet juga mengembangkan V JET X yang merupakan teknologi terbaru mereka yang diluncurkan pada bulan Juni 2019 lalu.

 

5. Proto Labs

Berbicara tentang teknologi cetak 3 dimensi tidak akan lengkap jika tidak membahas Proto Labs. Didirikan pada tahun 1999, perusahaan ini mengkhususkan diri dalam pembuatan prototipe cepat dengan menggunakan 3 proses tambahan yakni stereolithografi, sintering laser selektif dan sintering laser logam langsung. Seiring dengan berkembangnya teknologi, manufaktur aditif mereka juga menghasilkan komponen plastik dengan menggunakan teknologi pencetakan DLS karbon 3D.

Perusahaan ini memiliki 8 lokasi pabrik di 3 benua dengan kantor pusat yang berada di Minnesota. Sejak tahun 2014, perusahaan ini telah banyak membantu para insinyur dan perancang dalam membuat prototipe menjadi produksi bervolume rendah. Di tahun 2018, perusahaan memperluas kapasitas produksi dengan berbagai fasilitas baru dan lebih canggih di Minnesota.

 

6. Nano Dimension

Nano Dimension berfokus pada pencetakan elektronik 3 dimensi dengan produk tinta berbasis nanoteknologi. Salah satu produk andalan yang mereka hasilkan adalah printer 3D DragonFly 2020 yang dapat mencetak papan sirkuit cetak multilayer yang memiliki resolusi tinggi hanya dalam waktu beberapa jam saja. Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan mengingat produk printer lain butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Aplikasi teknologi yang dimiliki Nano Dimension juga sangat luas. Beberapa di antaranya mencakup sensor, antena, magnet dan perangkat lain yang saling terhubung.

 

7. ExOne

ExOne didirikan pertama kali pada tahun 2005 dan memfokuskan diri pada pembuatan dan penjualan mesin cetak 3 dimensi serta produk yang unik bagi para pelanggannya. ExOne menggunakan teknologi Binder Jetting yang dikembangkan di MIT milik mereka untuk mencetak bagian-bagian kompleks yang menggunakan bahan-bahan kelas industri.

Teknologi ini termasuk unik karena bisa digunakan tanpa menggunakan tenaga panas melainkan zat cair sebagai pengikat lapisan material untuk membentuk objek yang akan dicetak. Beberapa bahan yang pernah digunakan antara lain adalah logam, pasir dan keramik.

 

Itulah 7 produsen printer 3D terbaik di dunia dengan berbagai kontribusinya terhadap industri percetakan 3 dimensi. Dengan peluang dan aplikasi yang semakin luas, teknologi cetak 3 dimensi dipastikan akan semakin maju dan berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *