fbpx

Adidas 4DFWD: Sepatu Olahraga dengan Teknologi 3D Printing

Adidas 4DFWD: Sepatu Olahraga dengan Teknologi 3D Printing

Adidas 4DFWD: Sepatu Olahraga dengan Teknologi 3D Printing

Pencinta sneakers alias sepatu kets pasti setuju memasukkan Adidas dalam daftar teratas brand dengan koleksi terbaik. Mulai dari model casual untuk sehari-hari hingga sepatu olahraga yang efisien dan nyaman. Nah, ada yang menarik dengan salah satu model sepatu olahraga besutan Adidas, yakni 4DFWD.

Adidas 4DFWD dirancang menggunakan teknologi cetak 3D Carbon Digital Light Synthesis (DLS)! Tidak asal buat, Adidas juga telah bertahun-tahun melakukan analisis data atlet. Dengan fitur canggihnya, sepatu ini diklaim membuat lari menjadi lebih mudah. 

 

 

Kinerja Adidas 4DFWD Telah Diuji 

Teknologi pencetakan 3D telah banyak membantu kehidupan manusia, khususnya di bidang manufaktur. Bukan hanya meningkatkan fleksibilitas, volume, dan kecepatan produksi. Seperti terlihat pada Adidas 4DFWD, mesin cetak 3D juga menghasilkan nilai individu yang kompleks dan unik.

Tim ahli Kanada telah melangsungkan berbagai prosedur pengujian biomekanis di Universitas Calgary. Tim pengembang Jerman dan beberapa pelari Adidas yang tersebar di seluruh dunia juga turut melakukan tes produk. Belum lagi uji coba persepsi kognitif di Universitas Negeri Arizona.

Hasilnya, sol tengah unik berbentuk jaring pada model sepatu pintar 4DFWD terbukti dapat menciptakan sensasi gerakan unik untuk para pelari.

 

 

Fitur Andalan Sepatu Adidas 4DFWD

Adidas 4DFWD termasuk salah satu pionir produk alas kaki yang menggunakan teknologi pencetakan 3D. Diluncurkan pada Mei 2021, berikut fitur-fitur menarik yang dibawanya:

 

  • Inovasi Midsole Unik

Bersama Carbon, Adidas telah bertahun-tahun mengembangkan teknologi sol tengah atau midsole 4D berbentuk jaring yang dicetak dengan 3D printing yang presisi. Menggunakan hingga 40% material berbasis bio, Adidas merancang midsole dengan pola unik dasi kupu-kupu untuk meminimalkan risiko cedera kaki saat berlari sekaligus menghemat energi.

Jadi, saat pengguna memakai 4DFWD untuk berlari, sol tengah akan menciptakan sensasi benturan yang mulus saat kaki menyentuh tanah, kemudian mendorong pelari untuk maju ke depan.

 

  • Lattice Construct

Konstruksi kisi-kisinya menggunakan material organik hampir 40% sehingga tidak berpotensi meninggalkan terlalu banyak limbah plastik. Dengan bantalan yang 23% lebih banyak dan empuk, 4DFWD juga mampu menghasilkan tiga kali lebih besar gaya dorong ke depan. Performanya yang satu ini sudah terbukti saat uji coba mekanis.

 

  • Teknologi Upper Primeknit

Adidas memang terkenal menggunakan fitur Primeknit di sepatu-sepatu besutannya.  Untuk model 4DFWD, Adidas menambahkan fitur Primeknit+ Upper sebagai fitur pendukung sol tengah. Selain menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik, fitur ini juga memberi sensasi nyaman layaknya memakai kaus kaki.

 

  • Outsole Nyaman dan Tangguh

Satu lagi fitur Adidas 4DFWD yang menarik untuk dibahas, yakni pada bagian sol luar atau outsole. Menggunakan bahan karet berkualitas tinggi, outsole 4DFWD membuat sepatu lari ini makin nyaman, memberi kesan tangguh sekaligus menciptakan traksi yang luar biasa.

Bersamaan dengan model 4DFWD, Adidas turut merilis 4DFWD Pulse dengan tambahan teknologi Ethyl Vinyl-Acetate (EVA) pada midsole-nya. Ada pula tambahan fitur tumit 4DFWD pada versi Pulse yang membantu transisi tumit menjadi makin leluasa.

Dengan segala keunggulan dan fitur-fitur mutakhir yang diusungnya, Adidas 4DFWD adalah salah satu bukti bahwa teknologi pencetakan 3D membuka peluang desain yang jauh lebih fleksibel, kompleks, sesuai kebutuhan generasi baru, dan mempercepat realisasi ide-ide yang sebelumnya terbentur batasan desain. Bisa jadi, kemajuan ini tidak dapat dicapai hanya dengan midsole biasa berbahan busa dan tanpa bantuan cetak 3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *