fbpx

Alcobendas: Jembatan Hasil Printer 3D Pertama di Dunia

Alcobendas: Jembatan Hasil Printer 3D Pertama di Dunia

Alcobendas: Jembatan Hasil Printer 3D Pertama di Dunia

Inovatif dan tanpa batasan! Metode cetak 3D adalah masa depan industri manufaktur dan konstruksi. Mesin cetak 3D pun telah dipakai untuk mencetak bagian bangunan. Beberapa produk yang berhasil dicetak menggunakan teknologi ini, di antaranya: meja, kursi, bangku taman, bahkan sebuah paviliun. Dalam skala besar, printer 3D sudah pernah diaplikasikan untuk menciptakan bangunan secara utuh. Salah satu pelopor cetak 3D skala besar adalah jembatan Alcobendas di Spanyol.

 

 

Teknologi 3D dalam Manufaktur dan Konstruksi

Meski pencetakan 3D sudah dipakai sejak 1983, sektor manufaktur dan konstruksi baru mulai menerapkannya di tahun 2014. Manfaatnya tak main-main; pencetakan 3D membuat proses produksi jadi lebih cepat, bujet menjadi lebih efisien, menggunakan bahan ramah lingkungan, serta menawarkan kreativitas tinggi tak terbatas.

Salah satu hasil cetak 3D skala besar yang seluruhnya dibuat dari pencetakan beton 3D adalah jembatan Alcobendas di taman Castilla-La Mancha, kota Alcobendas, Madrid, Spanyol. Seperti apa proses pembuatannya?

 

 

Jembatan Alcobendas

Proyek tidak biasa ini menjadikan Alcobendas menjadi kota pertama di Spanyol dan dunia yang berhasil memasang elemen arsitektur berbasis 3D dalam salah satu fasilitas publik. Berikut beberapa fakta menarik tentang jembatan ini:

 

  • Pelopor 3D Printing Skala besar

Dicetak menggunakan material beton bertulang mikro, jembatan ini memiliki panjang 12 m dan lebar 1,75 m. Ini menjadikannya sebagai pelopor pencetakan 3D skala besar, khususnya dalam pengadaan fasilitas publik di bidang teknik sipil.

Baca juga: Arabian Ranches: Rumah Cetak 3D Pertama di Dubai

 

  • Jembatan Alcobendas Merupakan Proyek Eksekutif

Proyek ini adalah kolaborasi antara IAAC-Institute for Advanced Architecture of Catalonia dan ACCIONA, perusahaan yang didedikasikan untuk infrastruktur berkelanjutan di Spanyol. Dengan IAAC menyiapkan keseluruhan desain, ACCIONA memimpin pelaksanaan proyek bersama tim multidisiplin, terdiri dari insinyur struktural, insinyur mesin, arsitek, perwakilan pemerintah kota Spanyol, serta pionir printer 3D skala besar, Enrico Dini

 

  • Melalui 15 Tahun Penelitian

Pembangunan jembatan Alcobendas telah melalui 15 tahun penelitian oleh IAAC. Dilansir ArchDaily en Espanol, Direktur Akademik IAAC, Areti Markopoulou mengungkap salah satu tantangannya; Ukuran model cetak sangat krusial karena dimensi maksimum yang bisa dicetak adalah 2m x 2m x 2m. Hal ini mempengaruhi keseluruhan desain serta strategi.

 

  • Jembatan Alcobendas Diresmikan Desember 2016

Setelah memakan waktu satu setengah tahun sejak perancangannya, jembatan ini berhasil berdiri kokoh melintasi sungai di taman Castilla-La Mancha. Pemerintah kota Spanyol lalu meresmikan dan membukanya untuk publik pertama kali pada 14 Desember 2016.

 

  • Mengusung Desain Parametrik

Berbasis di Barcelona, sulit bagi IAAC untuk tidak terpengaruh gaya desain organik Antoni Gaudi – arsitek perancang Casa Batllo yang berdiri di tengah kota Spanyol. IAAC lalu menerapkan teknik desain parametrik demi menciptakan jembatan Alcobendas yang fungsional, mengusung sifat alam yang kompleks dan tidak dapat ditebak.

Algoritma generatif ini juga memudahkan distribusi material dan proses mendaur ulang beton bertulang mikro. Dampaknya, jumlah limbah pencetakan dapat diminimalkan. Selain itu, penerapan desain komputasional juga membantu memastikan bahwa tim multidisiplin hanya menggunakan material yang dibutuhkan. 

Inisiatif serupa sebenarnya telah dilakukan lebih awal oleh perusahaan MX3D di Amsterdam. Namun, saat teknologi lengan robot di sana masih bekerja memenuhi tujuan estetika yang lebih megah, jembatan cetak 3D di Madrid ini sudah lebih dulu selesai secara utuh.

Rancangan jembatan Alcobendas memang lebih sederhana, tetapi dengan efisiensi waktu dan bujet, serta peningkatan fleksibilitas desain, proyek IAAC ini adalah bukti bahwa pencetakan 3D akan memberi manfaat yang luar biasa dalam proyek konstruksi di masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *