fbpx

Arabian Ranches: Rumah Cetak 3D Pertama di Dubai

Arabian Ranches: Rumah Cetak 3D Pertama di Dubai

Arabian Ranches: Rumah Cetak 3D Pertama di Dubai

Sektor real estate di Dubai kian menjanjikan. Di tahun 2021 saja, data dari Departemen Pertanahan Dubai menunjukkan total transaksi yang nilainya nyaris 300 miliar Dirham! Dibandingkan tahun sebelumnya, angka ini tumbuh hingga 65% dan 71% dari segi transaksi dan nilai!

Salah satu proyek real estate mewah yang cukup laris di sana adalah Arabian Ranches. Perusahaan pengembang properti Emaar mulai membangunnya pada 2004 di kawasan Emirates Road, salah satu daerah dengan komunitas paling bergengsi di Dubai. Menariknya, proyek perumahan ini juga dibangun menggunakan mesin cetak tiga dimensi atau 3D!

Baca juga: Perkembangan 3D Printing untuk Pembangunan Properti

 

 

3D Printing dalam Industri Arsitektur Dubai

Ilustrasi bangunan gedung di dubai yang menggunakan teknologi 3d printing

Dengan bantuan teknologi 3D, tidak hanya proses pengerjaan konstruksi yang menjadi lebih cepat dan efisien. Biaya lain-lain seperti material, alat pendukung, serta upah pekerja tentu bisa diminimalkan.

Sejak 2018, Dubai mengumumkan target tahun 2030 sebagai “pusat pencetakan 3D dunia”! Dubai pun pernah menggunakan printer 3D untuk membangun The Office of the Future seluas 250 m2, serta sebuah gedung dua lantai. Lalu, seperti apa proyek Arabian Ranches yang digadang-gadang sebagai rumah hasil printer 3D pertama di dunia?

 

 

Arabian Ranches

Area perumahan bergaya Arab, Mediterania, dan Spanyol ini terdiri dari 4.500 rumah yang tersebar di lahan seluas 1.650 hektar. Dari rumah dua kamar tidur dengan pemandangan danau hingga mansion tujuh kamar yang menghadap ke lapangan golf. Proyek keduanya dirilis pada 2014, sedangkan proyek ketiga diresmikan pada 2018.

 

  • Arabian Ranches III

Proyek ketiga perumahan Emaar Properties ini mengadopsi metode konstruksi inovatif dan dibangun dalam kemitraan dengan perusahaan percetakan 3D internasional. Alasannya, karena rumah cetak 3D lebih cepat dibangun dan menawarkan fleksibilitas tinggi dalam desain. Pihak Emaar juga mengklaim proyek ini ramah lingkungan, serta minim limbah dan polusi suara saat pembangunan.

 

  • Proyek Perumahan Berbasis Cetak 3D Pertama

Arabian Ranches III adalah trend setter dalam sektor properti berbasis printer 3D di Dubai dan dunia. Diluncurkan tahun 2018 dan mulai dibangun pada 2019, rumah cetak 3D ini akan menjadi model bagi para investor untuk memahami dan menghargai konsep serta nilai tambah yang dibawa oleh teknologi canggih ke sektor real estate.

 

  • Bagian dari Visi Kota Cerdas Dubai

Dengan mengimplementasikan teknologi pencetakan 3D secara lokal dengan keahlian internasional, proyek ini mendukung visi membangun Dubai menjadi “Kota Cerdas dan Berkelanjutan” yang digerakkan oleh teknologi dan memenuhi aspirasi pelanggan dari generasi baru. Selain itu, juga mempercepat ekosistem inovasi di Dubai, sekaligus menginspirasi start-up untuk berkontribusi terhadap teknologi konstruksi canggih.

 

  • Fasilitas Lengkap nan Canggih

Tersedia dalam hunian tiga dan empat kamar tidur, perumahan elite ini telah mendapat tanggapan luar biasa. Fasilitas publik di sekitarnya juga tak main-main; mulai dari central park seluas 30 ribu m2, bulevar sepanjang 4 km, lazy river, dan tak ketinggalan berbagai fasilitas olahraga outdoor termasuk golf dan berkuda.

Di taman, akan ada central plaza, kursus parkour, area barbeque, trek jogging, dan gym. Juga akan ada clubhouse, bioskop, area ritel khusus, serta koneksi langsung ke jalur bersepeda Al Qudra sepanjang 86 km.

Berawal dari proyek perumahan berbasis cetak 3D Arabian Ranches III, Emaar Properties punya ambisi menciptakan masa depan di mana setiap pelanggan bisa mendesain, mengunduh, dan mencetak rumah mereka di seluruh portofolio pengembangan milik mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *