Ide Bisnis yang Mudah dengan Memanfaatkan Printer 3D

Ide Bisnis yang Mudah dengan Memanfaatkan Printer 3D

Ide Bisnis yang Mudah dengan Memanfaatkan Printer 3D

Tren bisnis printer 3D sudah mulai menanjak dan banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Memiliki printer yang bisa mencetak produk atau model 3D akan memberikan banyak sekali kelebihan. Itulah kenapa produk ini terus berkembang dan diminati oleh banyak perusahaan atau individu.

Memiliki print 3D memang memberikan banyak manfaat. Namun, kalau memiliki untuk keperluan hobi saja tentu akan sangat rugi. Apalagi harga dari mesin cetak 3D ini tidak mudah. Apalagi yang ukurannya sangat besar. Untuk itu Anda harus bisa memanfaatkan mesin 3D ini dengan baik.

Nah, kalau Anda bingung harus melakukan apa kalau memiliki mesin cetak atau printer 3D, simak beberapa ide bisnis di bawah ini.

 

1. Menawarkan Jasa Print 3D Komersial

Bisnis pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka layanan komersial printer 3D untuk umum. Artinya semua orang bisa menggunakan jasa ini tanpa ada batasan. Anda bisa membukanya secara online atau offline. Untuk jasa online calon pelanggan diharapkan untuk mengirim desain sesuai dengan arahan serta berbagai deskripsinya.

Membuka jasa percetakan 3D ini akan memberikan cukup banyak keuntungan. Keuntungan yang didapatkan ini bisa digunakan untuk menutup beberapa biaya yang penting seperti listrik yang besar serta filament yang kemungkinan jarang ada, Oleh karena itu tentukan harga yang wajar dan tetap mendapatkan keuntungan.

Oh ya, jasa cetak model 3D masih belum banyak ada di beberapa kota. Oleh karena itu Anda juga harus melakukan promosi yang tepat dan sesuai. Selain itu gabungkan juga jasa print 3D ini dengan printer lain agar lebih banyak dikenal. Promos bisa dilakukan secara online atau offline.

 

2. Jasa Print 3D Kerja Sama dengan Perusahaan

Selain membuka jasa yang dilakukan secara umum dan bisa dipakai oleh semua orang, Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa perusahaan atau pemilik bisnis. Kerja sama ini akan menghasilkan cukup banyak keuntungan karena Anda terus mendapatkan order atau pesanan.

Karena kerja sama dengan pemilik bisnis atau perusahaan tidak mudah dilakukan, Anda harus melakukan pertemukan, melakukan demo, hingga melakukan demonstrasi model. Kalau perusahaan setuju untuk melakukan kerja sama, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Bisnis kedua ini mungkin akan sulit dilakukan kalau tidak dikelola dengan profesional. Oleh karena itu Anda tidak boleh sembrono dalam menawarkan produk ke perusahaan. Buat rencana yang matang agar proses penjajakan berjalan dengan baik dan akhirnya mendapatkan kerja sama yang menguntungkan.

 

3. Menawarkan Jasa Membuat Model atau Prototype

Salah satu manfaat dari 3D printing adalah mampu mencetak suatu prototype dengan skala tertentu dari asli. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan selalu prototype produk setiap saat. Misal bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan juga arsitektur.

Perusahaan lain yang mungkin membutuhkan adalah perusahaan di bidang interior dan eksterior. Dengan prototype yang dihasilkan bisa terlihat dengan jelas seperti apa produk yang dihasilkan dengan skala tertentu. Dari model ini juga akan terlihat kelebihan dan kekurangan dari produk yang sedang dikembangkan.

Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat tidak semua perusahaan atau jasa konstruksi dan interior memiliki mesin 3D. Daripada menghabiskan uang untuk membeli mesin yang tidak dipakai setiap hari, mereka lebih memilih untuk menyewa print 3D untuk menghasilkan model atau prototype produknya.

 

4. Membuka Kursus Printer 3D

Bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mesin printer 3D adalah kursus pengoperasiannya. Mesin printer jenis ini agar berbeda dengan jenis printer cetak lain. Pengoperasiannya membutuhkan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya tanpa diajari atau kursus.

Ada banyak cakupan materi dari printer 3D yang harus dipahami. Pertama dari perangkat lunak yang digunakan untuk membuka desain. Selanjutnya mengaplikasikan desain yang jadi dengan aplikasi yang tersambung ke mesin. Filament dan pemasangannya juga sangat penting dan tidak boleh dilupakan.

Anda bisa membuka jasa kursus untuk mengoperasikan mesin cetak 3D dengan materi tertentu. Selanjutnya ada praktik langsung pembuatan model 3D dengan menggunakan mesin dan dirancang sendiri oleh pelaku kurus. Anda bisa memberikan sertifikat resmi dengan bekerja sama dengan lembaga diklat setempat.

 

5. Membuat Barang Custom

Ide bisnis terakhir yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan mesin printer 3D adalah membuat barang custom. Misal membuat semacam cincin dengan motif tertentu atau barang lain yang dipesan oleh calon pembeli. Proses pembuatan barang custom ini bisa dilakukan dengan pembuatan desain awal lalu melakukan cetak.

Anda bisa menentukan target market untuk kalangan tertentu seperti anak muda yang ingin memiliki aksesori unik dan tidak ditemukan di mana pun. Layanan juga bisa dikembangkan menjadi bentuk pengirim kado atau hadiah pada orang lain.

Selain produk custom yang membutuhkan pengerjaan khusus, Anda juga bisa membuat produk dengan desain sendiri. Selanjutnya produk dijual sendiri sebagai edisi khusus dan hanya dicetak sebanyak beberapa buah saja. Umumnya barang eksklusif yang unik selalu diminati banyak orang.

 

Sebelum melakukan bisnis dengan memanfaatkan mesin printer 3D. Ada baiknya untuk melakukan riset dengan baik. Jangan sampai mesin yang mahal ini tidak berguna dan Anda jadi rugi.

Demikianlah beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan kalau memiliki mesin print 3D. Dari beberapa ide bisnis di atas Anda bisa mengembangkan lagi yang lebih spesifik dan memiliki target market yang sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *