Fomu Studio

Daftar Harga 3D Printing Terbaru, Mulai Dari 2 Jutaan

Harga 3D Printing

Sepertinya, saat ini memang sudah memasuki eranya printer 3D. Zaman berubah begitu cepat. Impian untuk membuat sesuatu dengan bentuk 3D hanya melalui sebuah printer kini terwujud sudah. Jika printer di era dulu hanya bisa mencetak tulisan di atas kertas dengan menggunakan tinta, saat ini printer bisa mencetak objek 3D dengan berbagai material bahkan metal sekalipun juga bisa. Nah, sebelum membahas tentang harga 3D printing, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih detail tentang apa itu printer 3D dan bagaimana cara kerjanya.

Baca Juga: Printer 3D Harga Murah Berkualitas

Apa Itu Printer 3D?

Printer 3D merupakan mesin generasi baru yang dapat membuat banyak hal untuk keperluan sehari-hari dari mulai dekor rumah, aksesoris dan masih banyak lagi. Bahkan, bisa juga digunakan untuk membuat meja, kursi dan lainnya. Printer 3D ini sangat luar biasa menakjubkan karena mereka dapat menghasilkan berbagai jenis objek, dengan berbagai ukuran dan bahan atau material.

Selain itu, dengan teknologi dan harga 3D printing yang bervariasi, kini hadir pula printer 3D dengan kemampuan lebih luar biasa. Sebagai contoh, tidak hanya untuk kebutuhan atau objek yang bersifat mati, kini printer 3D bisa digunakan untuk membuat kue hingga suatu saat nanti diharapkan bisa mencetak organ tubuh manusia tiruan untuk keperluan medis. Sangat luar biasa bukan?

Saking luar biasanya, printer 3D telah mengganti jalur produksi pabrik tradisional dengan hanya menggunakan mesin tunggal, seperti halnya hadirnya printer inkjet yang telah menggantikan botol tinta dan mesin cetak. Menariknya lagi, printer 3D ini mendukung desain yang sangat detail yang tidak bisa dilakukan oleh tenaga manusia. Tingkat detail yang tinggi menjadi alasan kenapa printer 3D semakin banyak digunakan.

Bagaimana Cara Kerja Printer 3D?

Jika dilihat dari jarak yang begitu dekat misal dengan menggunakan mikroskop, teks di atas kertas yang telah selesai dicetak menggunakan printer rumah, teks atau huruf-huruf yang berada di kertas terlihat tidak menyatu dengan kertas melainkan mereka seperti menempel di atas permukaan kertas. Bisa dikatakan, seperti huruf timbul namun dengan ukuran yang sangat tipis dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Secara teori, jika Anda mencetak teks di atas halaman yang sama hingga ribuan kali, akhirnya tinta akan membangun lapisan yang cukup tinggi karena akan masing-masing menempel di atas tinta satu sama lain. Mereka kemudian akan membuat model 3D yang solid dari setiap huruf. Inilah pertama kalinya ide membuat printer 3D untuk membuat objek 3D lebih solid.

Memang, setiap model dan harga 3D printing memiliki kemampuan yang berbeda. Hanya saja, dari sisi cara kerja dan bagaimana printer tersebut digunakan hampir sama. Anda bisa memulai dengan mendesain objek 3D pada PC, hubungkan ke printer 3D, tekan ‘cetak (print)’ selanjutnya Anda hanya perlu duduk dan melihat ‘keajaiban’ bagaimana dari yang tidak ada menjadi ada.

Prosesnya sedikit demi sedikit seperti halnya ketika membuat roti irisan dan setiap irisan roti kemudian direkatkan menjadi roti utuh. Ya, inilah cara kerja dasar dari apa yang dilakukan printer 3D. Proses pencetakan 3D mengubah seluruh objek menjadi ribuan irisan kecil-kecil. Printer ini melakukannya dengan memulai dari bawah ke atas. Lapisan-lapisan kecil itu saling menempel membentuk benda padat. Setiap lapisan dapat sangat kompleks.

Sehingga, jika material printer tersebut berupa metal atau besi, termasuk karet dan plastik, Anda bisa mencetak seluruh bagian sepeda seperti setang, sadel, rangka, roda, rem, pedal dan rantai yang kemudian siap untuk dirakit, tanpa menggunakan alat apa pun. Menakjubkan? Memang ini penemuan yang sangat luar biasa. Perkembangan teknologi dan fiturnya juga masih terus dilakukan.

Peluang Bisnis Printer 3D

Rasanya, tidak lengkap jika langsung membahas harga 3D printing sebelum mengetahui bagaimana peluang bisnis yang bisa didapatkan dari memiliki printer 3D ini. Memang, bisa saja printer ini digunakan sebagai milik pribadi dan hanya mencetak objek untuk koleksi pribadi. Tapi, dengan harga yang cukup mahal dan masih sedikit yang punya, tidak ada salahnya untuk mencoba dunia bisnis dengan mengandalkan printer 3D ini.

Sebagai contoh, untuk kebutuhan pribadi, misalkan Anda merusak sesuatu dan tidak dapat menemukan penggantinya yang pas, nah dengan printer 3D ini Anda bisa membuatnya. Pencetakan 3D berarti Anda dapat mencetak sesuatu yang baru. Namun, jika Anda memiliki insight tentang bisnis, maka ada banyak hal yang bisa dibuat untuk memenuhi kebutuhan banyak orang.

Secara singkat bisa dikatakan, hadirnya printer 3D ini bisa mengganti mesin-mesin industri yang berada di pabrik dan menghadirkannya di rumah atau ruangan kerja yang lebih kecil dari sisi ukuran dan kapasitas. Tentu saja, pabrik dengan ukuran besar juga bisa memiliki printer 3D dengan ukuran besar pula untuk memproduksi objek yang lebih besar. Semua ini tergantung kebutuhan.

Jadi, sebelum Anda membandingkan harga 3D printing yang ada di pasaran saat ini, sekarang Anda sudah tahu bahwa ada peluang bisnis cukup besar yang dihasilkan dari printer ini. Anda hanya perlu mencari objek apa yang akan dibuat dan bagaimana pasarnya. Itu saja. Jika sudah berjalan, bisnis ini terlihat sangat menggiurkan karena objek kompleks sekalipun tetap bisa dibuat.

Harga 3D Printing Di Pasaran

Ada beberapa pilihan harga 3D printing yang bisa dipilih sesuai dengan budget, yakni:

Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3

Spek:

Harga di atas belum termasuk ongkir dari Cina karena printer Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3 masih harus diimpor secara langsung dari Cina.

Tevo Tarantula Prusa i3 3D printer

Spek;

Harga belum termasuk ongkir dari luar negeri. Ya, printer 3D yang satu ini masih harus diimpor dari luar negeri.

Sunhokey 3D Printer Prusa i3

Spek:

Da Vinci 3D Mini Maker Printer

Spek:

Delta 3D Printer Kit

Spek:

Tentu saja, selain spek singkat di atas, masing-masing printer memiliki keunggulan berbeda satu sama lain termasuk fitur tambahan seperti dukungan USB, Memory Card dan masih banyak lainnya. Pastikan saja untuk memilih printer 3D sesuai dengan budget atau kebutuhan.

Exit mobile version