fbpx

Format File 3D Printer Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan

Format File 3D Printer Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan

Format File 3D Printer Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan

Ketika Anda mencetak model menggunakan 3D printer, format file 3D printer berfungsi sebagai cetak birunya. Setiap format mengandung informasi terkait model tersebut, misalnya bentuk, warna, dan rincian fisik lainnya. Tidak semua format file memiliki data serupa, jadi pastikan Anda memilih jenis yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Baca juga: 8 Komponen 3D Printer dan Fungsinya, Pelajari di Sini Yuk!

 

 

Format File 3D Printer yang Paling Banyak Digunakan

Ilustrasi contoh format file 3d printer OBJ

Dari berbagai format file 3D printer yang beredar, inilah beberapa yang paling umum di kalangan pengguna biasa, pemilik hobi, maupun pelau industri.

 

  • Format STL

Standard Triangle Language (STL) adalah format paling umum yang sudah ada sejak 1978. File STL mengubah data-data dalam model 3D menjadi kumpulan bentuk geometris (segi tiga) yang menyerupai jaring. STL adalah format paling standar dan bisa Anda gunakan untuk berbagai program CAD dan situs sharing model.

 

Format STL cocok untuk mencetak bentuk-bentuk dasar yang tidak berwarna-warni atau terlalu mendetail. Cocok untuk belajar desain cetak 3D atau produksi model-model sederhana dalam jumlah besar.

 

  • Format OBJ

OBJ adalah format file 3D printer terpopuler kedua setelah STL. Format ini menggunakan jaring-jaring heksagonal yang lebih rumit dari STL untuk membentuk model. Hal ini membuatnya mampu menciptakan model 3D dengan detail lebih rumit. Anda bisa membuat permukaan yang lebih berkilau serta desain dengan lebih banyak warna dan detail.

 

  • Format AMF

Additive Manufacturing File (AMF) hadir pada tahun 2011 untuk menjawab tantangan dari dunia industri yang semakin kompetitif. Format ini memiliki basis XML yang bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan warna, bentuk, tekstur, dan detail lainnya dalam desain. Walau dukungan teknis terhadap format ini tidak seluas untuk STL dan OBJ, AMF memiliki keunggulan berupa tingkat kesalahan yang cenderung rendah.

 

  • Format 3MF

Microsoft menciptakan 3MF pada tahun 2015 sebagai penyempurnaan dari AMF. 3MF adalah format yang menawarkan risiko kesalahan lebih rendah serta kualitas cetak yang lebih mulus dan mampu menangkap lebih banyak detail. 3MF cocok untuk menciptakan model 3D untuk industri, tetapi format ini begitu rumit sehingga kurang cocok untuk program CAD tingkat dasar.

 

 

Format File 3D Printer Lain

Keempat format file 3D printer di bagian sebelumnya termasuk yang paling populer. Akan tetapi, ada banyak format lain yang bisa Anda gunakan, masing-masing dengan karakteristik unik tersendiri. Inilah beberapa di antaranya.

 

  • Format VRML & X3D

VRML dan versi terbarunya, X3D, adalah format khusus untuk grafik vektor 3D. Format ini populer dalam pembuatan model untuk keperluan medis, game, dan proyek sains serta arsitektur.

 

  • Format Unity

“Format Unity” maksudnya adalah format yang dibuat khusus untuk Unity, platform game buatan Unity Technologies. Anda bisa menggunakan format OBJ, FBX, dan Blender untuk membuat model desain atau karakter di Unity.

 

  • Format PLY

Polygon File Format (PLY) adalah format file 3D printer khusus untuk kedokteran gigi. Format ini menyimpan data dari pemindai (scanner) 3D untuk membuat model cetakan gigi.

 

  • Format STEP dan IGES

STEP dan IGES adalah format netral yang menjembatani transfer file antar CAD yang berbeda. Kedua format ini lebih rumit tetapi mampu menerjemahkan data secara lebih tepat sasaran. Hasil transfer tersebut bisa Anda ubah menjadi format yang lebih umum, seperti STL, 3MF, atau OBJ.

Format file tidak terbatas pada semua pilihan terbatas; ada juga jenis lain seperti 3DS Max, Rhino, SKP, dan SolidWorks. Setiap format ini memiliki karakteristik khusus untuk keperluan tertentu, misalnya pembuatan prototipe secara cepat menggunakan printer 3D. Pastikan memilih format file 3D printer yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum menggunakan teknologi printer 3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *