Manfaat Spektakuler Mesin 3D Printing

Manfaat Spektakuler Mesin 3D Printing

Manfaat Spektakuler Mesin 3D Printing

Anda  pasti sudah familiar dengan  printer atau mesin cetak. Baik itu yang dot matriks, laser print, dan desk jet. Tapi untuk mesin 3D printing rasanya belum semuanya tahu bagaimana bentuk dan cara kerjanya. Dalam bayangan kita pastilah tidak jauh-jauh seperti printer pada umumnya.  Dan kita kira-kira  ada  semacam ruang yang agak luas tempat  benda 3D  yang  kita kehendaki itu diproses.  Kalau selama ini Anda mencetak cuma tulisan dan foto dari PC / lap top, dengan printer 3D  kita dapat menciptakan benda yang berwujud. Benda yang memiliki volume dan bentuk yang  dikehendaki.   Penasaran bukan?

Anda sama penasarannya dengan yang lain. Kalau begitu kita cari tahu dulu makluk  teknologi  mesin 3D printing ini. Kita kupas kulitnya dulu, jangan buru-buru masuk ke dalamnya agar tidak terlalu serius dan buat dahi berkernyit. Baca santai, sunggingkan senyum.

Sejarah Mesin 3D Printing

Di Indonesia mesin 3D printing ini baru dikenal pada tahun 2013. Teknologi ini telah dikembangkan di Jepang sejak tahun 1981 oleh Hideo Kodama.  Ia menggunakan material cair photopolymer yang menjadi keras bila terpapar cahaya  guna mencetak objek 3 dimensi. Setelah melalui proses kimia dan paparan cahaya, photopolymer akan mengeras dan tidak bisa dilebur menjadi cair kembali. Teknologi mesin dan cikal bakal mesin 3D  ini sebenarnya  telah mengalami proses panjang dari beberapa ahli ilmu topografi dan photosclupter dari berbagai belahan dunia. Dari berbagai sumber disebutkan pada sekitar abad 19, Kodama  kemudian mewujudkankannya dengan penggunaan material photopolymer.

Bentuk dan Cara Kerja Mesin 3D printing

Bentuk dan ukuran mesin 3D printing tergantung mesin tersebut digunakan untuk apa. Seorang pengusaha manufaktur tentu memerlukan ukuran yang memadai  guna memenuhi kapasitas produksi yang ditargetkan. Seorang desainer gelas hias cukup memerlukan ukuran yang bisa ditaruh di atas meja kecil studionya.

Cara kerja mesin 3D printing  sama saja dengan mesin cetak inkjet konvensional yang kita kenal, dimana printer menciptakan layer/lapisan cetakan warna guna  membuat suatu objek terlihat seperti yang diharapkan. Hanya  pada mesin 3D   tinta yang digunakan diganti plastic molten wax ditambah  bahan lainnya sehingga dapat terwujud benda yang kita inginkan. Bisa dikatakan benda diwujudkan dengan penambahan lapis demi lapis sampai terwujud bentuk yang sempurna.

Untuk menciptakan cetakan 3 D pada mesin 3D printing ini diperlukan data digital 3D . Dalam hal ini diperlukan aplikasi yang bisa menghadirkan data 3D. Dalam bidang teknologi dikenal dengan CAD atau Computer Aided Design. Lamanya proses pencetakan tergantung dari besar kecilnya objek yang akan kita cetak. Detail yang lebih rumit atau ukuran yang berbeda dengan yang kita inginkan memerlukan teknik tambahan guna menyempurnakannya. Dalam hal ini bisa ditambahkan material atau warna yang berbeda.

Penggunaan Mesin 3D Printing  dalam Kehidupan

Kemajuan teknologi saat ini sebenarnya hasil dari reaksi  kepada aneka macam masalah yang dihadapi.  Masalah lama yang belum tertanggulangi atau masalah baru yang belum tuntas dianalisa apalagi ditemukan solusinya. Dengan teknologi masalah yang dulu tidak teratasi bisa lebih mudah ditangani. Contohnya  dengan perkembangan teknologi pada mesin 3D printing. Mesin printing 3D telah banyak   dimanfaatkan oleh berbagai kalangan dari berbagai bidang profesi antara lain:

Bidang Desain Kreatif

  • Seorang arsitektur dalam menuangkan ide-idenya yang kreatif tentu sangat bersukacita dengan adanya mesin 3D printing ini. Bayangkan saja kalau desain bangunan “mahakarya”  bukan hanya bisa diwujudkan dengan gambar saja. Lebih dari itu bisa diwujudkan dalam wujud 3D yang mempunyai bentuk dan volume, meskipun berupa prototipe. Prototipe yang ditata indah menjadi sebuah maket. Dibalik kaca tebal dipajang di tengah ruang pameran. Orang akan merasakan sensasi keindahannya.
  • Seorang fashion designer yang telah mendesain ciptaannya sepeti sepatu, dapat mewujudkan bentuk desainnya dengan mesin 3D printing sebelum diproduksi di work shop. Sang desainer bisa mengevaluasi bagaimana produk sebenarnya akan dibuat. Mungkin diperlukan perbaikan untuk penyempurnaan desain dan menambah nilai estetika bagi pemakai.
  • Orang yang berprofesi sebagai perancang produk akan sangat terbantu. Rancangan beraneka macam benda dapat diwujudkan dengan printer 3D Bisa menciptakan desain mug-mug yang cantik, pot-pot bunga yang indah, aneka karakter hero favorit dan lainnya.
  • Dengan adanya mesin 3D printing industri manufaktur mengalami lompatan yang besar. Bagaimana tidak barang bisa dicetak dengan mudah. Bahan baku cetakan bisa dari material plastik sampai logam. Meskipun untuk mencetak logam diperlukan bantuan sinar laser. Kursi bisa dicetak dengan kualitas yang baik. Suka cadang yang terbuat dari logam pun dengan mudah diproduksi. Kelebihan dengan cara cetakan ini memangkas proses cutting. Mesin printer 3D dapat membantu memproduksi produk dengan kuantitas yang banyak. sederhana dan efisien

Bidang kedokteran dan medis

Di dalam bidang kedokteran dan medis mesin printing 3D sangat membantu. Bagaimana seseorang yang kehilangan telapak tangannya dapat dibantu dengan dicetakkannya telapak tangan robot dengan desain yang disesuaikan dengan struktur unik  badan orang tersebut. Di kasus lainnya seorang anak yang memiliki anggota tubuh yang lemah dan nyaris tidak berfungsi sama sekali. Dengan mesin printing 3D bisa dibuat benda yang berfungsi sebagai penyokong lengan sehingga bisa melakukan pekerjaan  menggunakan tangan.

Pada kasus terakhir  orang yang mengalami kerusakan wajah yang parah, nyaris kehilangan bentuk aslinya dengan bantuan mesin 3D printing seorang dokter mencetak bentuk bagian muka  dan mengimplankannya. Seperti mencetak sebuah topeng yang kemudian dikenakan.

Bidang Arkeologi

Seorang ahli arkeologi dalam penelitiannya harus mengutak atik tulang-belulang yang sudah menjadi fosil. Hal ini sangat rentan bila tulang belulang akan mengalami kerusakan. Misalkan untuk meneliti tulang belakang dari mumi yang telah ribuan tahun di dalam peti. Dengan  teknologi mutakhir mumi dalam peti tersebut dapat dipandai. Dari hasil pemindaian ini dapat diolah menjadi citra dalam bentuk 3D. Selanjutnya dengan bantuan mesin printer 3D dapat dibuat benda tiruan yang bentuk dan ukuran persip sama dengan benda aslinya.

Masih banyak sebenarnya dan  manfaat mesin printer 3D ini. Malah seiring dengan  teknologinya yang  kian berkembang, manfaat yang diperoleh seakan tidak ada habisnya. . Berbagai macam jenis material sebagai bahan cetakanpun  telah diciptakan dan mudah diperoleh. Setiap bahan berbeda digunakan untuk tujuan yang berbeda pula.  jaringan tubuh  bisa dicetak semudah mencetak benda mati. Kelak tranplantasi organ tubuh akan lebih mudah dilakukan tanpa mengorbankan organ tubuh  pendonor. Dunia medis akan mengalami kemajuan yang signifikan. Orang cacat dan kehilangan anggota tubuh tak akan merasakan kemuraman yang panjang.

Demikian  informasi  ini mudah-mudahan dapat memupus rasa penasaran dan menambah wawasan Anda. Sungguh Mesin 3D printing ini manfaatnya sangat luar biasa spektakuler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *