Peluang Bisnis 3D Printing, Membuat Produk Hingga Kursus

Peluang Bisnis 3D Printing, Membuat Produk Hingga Kursus

Peluang Bisnis 3D Printing, Membuat Produk Hingga Kursus

Dalam sistem industri 4.0 yang sedang berkembang saat ini, terdapat teknologi yang menjadi penopang utama yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence (AI), Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi print 3D.

Tak seperti printer biasa, printer 3D mampu menghasilkan produk berbentuk tiga dimensi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah industri. Penggunaan mesin cetak 3D dapat menjadikan proses produksi berjalan dalam waktu yang lebih singkat. Cara kerjanya pun sederhana, setelah menemukan desain produk yang tepat, Anda tinggal menunggu mesin bekerja tanpa harus membuat secara manual.

Proses produksi menggunakan printer 3D juga lebih menghemat biaya dan tenaga. Pasalnya, hanya dengan satu alat Anda dapat melakukan proses produksi tanpa perlu membayar pekerja dan membeli alat-alat tambahan. Akurasinya pun jauh lebih tepat dibandingkan pengerjaan secara manual, sehingga mampu menghindarkan kesalahan teknis yang diakibatkan oleh manusia (human error).

Bermodalkan printer 3D, Anda dapat membangun beragam peluang bisnis sesuai kemampuan dan meraih keuntungan lebih banyak. Apa saja peluang bisnis yang mungkin dilakukan dengan 3D printing, simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Memproduksi Souvenir dan Dekorasi Rumah

Elemen dekorasi sebagai penunjang keindahan interior rumah semakin mendapatkan perhatian. Printer 3D pun dapat digunakan untuk menghasilkan produk dekorasi rumah mulai dari item yang terkecil seperti pengganjal pintu sampai kursi ruang tamu.

Anda pun dapat memanfaatkan pencetak 3 dimensi untuk menghasilkan produk souvenir seperti gantungan kunci, tempat pulpen, patung, miniatur, hingga wadah serbaguna dengan desain-desain yang unik. Benda-benda yang biasa ditemukan di rumah akan menjadi lebih unik jika dihasilkan menggunakan printer 3D. Apalagi saat ini konsumen cenderung menyukai benda-benda yang didesain secara custom dan berbeda dengan barang sejenis di pasaran.

Untuk memproduksinya, Anda tidak harus memiliki kemampuan mendesain sendiri. Anda dapat mengunduh desain yang sudah ada dari situs-situs yang menyediakan file berformat 3D secara gratis.

 

2. Memproduksi Aneka Perhiasan

Perhiasan juga merupakan salah satu produk yang dapat dihasilkan dari printer 3D. Dari printer yang dimiliki, Anda bisa menghasilkan aneka desain perhiasan yang beragam. Desain yang dihasilkan juga dapat dibuat dengan detail yang rumit sehingga terlihat semakin bernilai seni. Misalnya pola sidik jari pada cincin pernikahan.

Tentunya semakin unik suatu produk, akan semakin digandrungi oleh konsumen. Perhiasan hasil cetakan mesin printer 3D juga terbukti lebih rapi, cepat, dan efisien dibandingkan pengerjaan secara tradisional.

 

3. Jasa Pembuatan Miniatur Bangunan

Printer 3D dapat dikolaborasikan dengan keahlian merancang bangunan atau arsitektur. Di luar negeri, printer 3D sudah banyak dimanfaatkan untuk membantu perancangan dan pembangunan gedung-gedung.

Jika memiliki printer 3D, Anda dapat menghasilkan prototipe bangunan atau miniatur gedung dengan cepat dan akurat. Adanya miniatur bangunan sangat membantu arsitek mempresentasikan rancangannya kepada pengembang, investor, atau klien mereka.

 

4. Jasa Pembuatan Prototipe Mesin Otomotif

Dalam bidang otomotif, printer 3D juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan gambaran detail mesin kendaraan. Alat cetak 3D mampu bekerja optimal dalam memberikan gambaran sehingga menekan kesalahan teknis ketika perakitan kendaraan. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang menggeluti bidang desain mesin kendaraan.

 

5. Memproduksi Peralatan dengan Inovasi Sendiri

Dengan kreativitas tinggi dan kemampuan mendesain produk, Anda dapat menghasilkan peralatan inovasi menggunakan printer 3D. Contohnya, membuat radio atau speaker dengan bagian-bagian yang dihasilkan melalui mesin cetak 3D. Hasilnya, produk yang Anda buat tampil berbeda dari yang sudah ada di pasaran. Untuk menghasilkan produk ini, tentunya Anda harus memiliki keahlian di bidang elektronika.

 

6. Membuka Jasa Cetak 3D

Harga printer 3D di Indonesia masih terbilang mahal. Oleh karena itu, sayang jika hanya digunakan sesekali. Agar mesin lebih bernilai, Anda perlu memanfaatkannya untuk hal-hal yang lebih produktif. Meskipun tidak memiliki keahlian dalam mendesain, Anda dapat membuka jasa cetak 3D tanpa desain atau editing sebagai peluang bisnis 3D printing.

 

7. Membuka Kursus Aplikasi Printer 3D

Menjadi wirausaha di bidang percetakan 3 dimensi mungkin belum begitu populer. Akan tetapi, prospeknya di masa depan terbilang menjanjikan. Karena belum banyak yang menyediakan kursus print 3D, usaha kursus yang Anda buka memiliki peluang dilirik banyak peminat.

Selain memberdayakan printer 3D Anda untuk pembelajaran, kursus juga dapat berpotensi menciptakan lapangan kerja baru.

 

8. Mendirikan Perusahaan Startup

Sebagai terobosan teknologi baru yang inovatif, teknologi percetakan 3D juga mampu menunjang munculnya berbagai lini bisnis baru termasuk startup. Jika Anda memiliki keahlian di bidang teknologi, Anda dapat membuat perusahaan rintisan sendiri seperti:

  • Shapeways, startup yang didirikan pada tahun 2007 ini dapat mencetak desain dari konsumen dengan pesanan melalui daring. Perusahaan ini mampu mencetak berbagai model dan prototipe sesuai dengan keinginan klien mereka.
  • Make Eyewear, perusahaan ini bergerak di bidang produksi bingkai kaca mata dengan material bermutu dan ukuran yang akurat untuk kenyamanan konsumen.
  • Spuni, perusahaan startup ini fokus pada peralatan makan bayi, khususnya sendok yang sesuai dengan bentuk mulut bayi. Dengan desain sendok yang mereka buat, produk yang dihasilkan lebih aman dan nyaman bagi bayi.
  • Thinker Thing, startup ini mampu memvisualisasikan ide Anda ke dalam komputer lewat pemindaian pikiran, kemudian dicetak dengan printer 3D menjadi model replika. Melalui Thinker Thing, khayalan Anda pun dapat diwujudkan dalam objek yang nyata.

 

Dalam beberapa tahun mendatang, teknologi print 3D diprediksi akan mengambil peran penting dalam industri manufaktur. Tak hanya itu, teknologi ini juga memiliki peluang besar dalam bisnis di berbagai bidang. Maka, diperkirakan peluang bisnis berbasis 3D printing akan semakin berkembang pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *