fbpx

Peluang Bisnis Jasa Print 3D di Indonesia

Peluang Bisnis Jasa Print 3D di Indonesia

Peluang Bisnis Jasa Print 3D di Indonesia

Peluang Bisnis Jasa Print 3D di Indonesia – Kecanggihan teknologi telah mewujudkan hal yang sulit untuk direalisasikan menjadi hal yang nyata. Satu contoh yang sering kamu dengar dalam bidang percetakan yaitu adanya print 3D. Waktu sekolah dasar mungkin kamu hanya mengenal tulisan atau gambar yang terdapat di sebuah kertas dengan dua dimensi dan tidak memiliki volume. Namun sekarang gambar atau tulisan yang dicetak akan berubah menjadi benda yang sudah memiliki volume atau sering dikenal dengan sebutan tiga dimensi atau 3D.

Printer 3D mampu menghasilkan warna dan beberapa material. Namun tidak trobosan baru tersebut akan terus meningkat ke titik di mana produk fungsional (elektronik) akan dapat menjadi output. Dengan efek pada penggunaan energi, pengurangan limbah, kustomisasi, ketersediaan produk, obat-obatan, seni, konstruksi dan ilmu pengetahuan, pencetakan 3D akan mengubah dunia manufaktur seperti yang kita kenal.

Sejak tahun 2010 teknologi canggih yang menghasilkan produk 3D ini sudah mulai dikenal oleh banyak orang. Teknologi canggih ini telah menjadi tren yang sangat populer di berbagai industri. Sehingga tak heran, Ada beberapa pemilik industri mengembangkan bisnisnya di bidang jasa print 3D. Peluang bisnis jasa 3D print di Indonesia memiliki prosepek yang sangat luas dan menjanjikan untuk perkembangan teknologi print 3D.

Potensi bisnis 3D printing berdasarkan kebutuhan pasar mencapai USD 21 Miliar hingga 2020 nanti. Ini disebabkan karena pasar merespon baik datangnya teknologi ini. Teknik mencetak tiga dimensi ini dianggap lebih mudah dan menghemat biaya dibanding dengan teknik pendahulunya. Sayangnya, prospek ini belum bisa optimal dimanfaatkan di Indonesia karena belum terlalu berkembang untuk teknologi 3D printing. Padahal teknologi ini bisa menggerakkan industri kreatif yang ada di Indonesia. Tentunya, akan memberikan rasa percaya diri untuk bersaing dengan negara lainnya.

Aplikasi Jasa Print 3D

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk membuka jasa print 3D kenali dulu berbagai produk yang dapat kamu hasilkan. Ada beberapa apliasi yang dapat kamu dapatkan dan menjadi nilai jual yang tinggi dalam berbagai bidang diantaranya:

  1. Bidang Prototyping Cepat
    Salah satu jasa print 3D yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan produk adalah membuat prototipe. Hal digunakan karena cepat dan relatif murah. Sebut saja produk Nike yang menggunakan printer 3D untuk membuat prototipe menjalankan cleat. Perusahaan ini telah menghabiskan ribuan dolar untuk membuat prototipe sebelum menggunakan print 3D. Namun sekarang berubah drastis, biaya yang digunakan terhitung kecil dan file 3D dapat dilakukan secara instan sehingga prototipe dapat dicetak ulang pada hari yang sama.
  2. Bidang Manufaktur Cepat
    Selain prototyping cepat, pencetakan 3D juga digunakan untuk pembuatan Manufaktur cepat. Ini adalah metode baru manufaktur di mana perusahaan menggunakan printer 3D untuk produksi kustom jangka pendek  . Dan dengan cara ini manufaktur objek tercetak bukanlah prototipe tetapi produk pengguna akhir.
  3. Bidang Otomotif
    Produk mobil, restorers dan repairer yang dihasilkan oleh perusahaan besar di dunia tentunya tidak akan jauh dari percetakan 3D. Para pakar industri otomotif hanya mengharapkan penggunaan teknologi manufaktur aditif untuk bersaing ditahun mendatang. Perusahaan menggunakannya untuk menghasilkan bukan hanya bagian, tetapi alat dan elemen interior. Ini juga memungkinkan pengembangan di tempat, yang mengarah ke penurunan ketergantungan pada manufaktur asing. Perbandingan yang terjadi yaitu perusahaan menghemat 40% dari biaya dan suku cadang dikembangkan 20% lebih cepat dengan menggunakan print 3D daripada metode tradisional.
  4. Bidang Aerospace
    Jika kamu memiliki keberanian dalam jasa print 3D salah satunya adalah dalam bidang industri kedirgantaraan. Mulai dari material hingga printer konsep, perusahaan melakukan beberapa penelitian yang paling menarik di seluruh bidang, semua ini untuk tujuan membuat eksplorasi antar bintang menjadi lebih layak huni. Perjalanan ruang angkasa membutuhkan eksterior yang sangat tahan lama. Beberapa organisasi, seperti NASA, telah menyempurnakan perisai pada angkutan menggunakan printer 3D.
    Para peneliti juga telah mengupayakan cara-cara untuk membuat materi lebih mudah diakses. Universitas Northwestern mempresentasikan konsep untuk mengubah tanah luar bumi menjadi bagian yang dapat dicetak. Metode pencetakan yang mereka kembangkan memungkinkan printer untuk membuat barang dari bahan yang melimpah.
    Demikian pula, para peneliti di Universitas Ottawa mengambil ide ini selangkah lebih maju dengan mengusulkan printer mereplikasi diri yang memproses tanah bulan. Printer ini, meskipun masih merupakan konsep, dapat menyebabkan penurunan secara eksponensial jumlah bahan konstruksi dan peralatan yang diperlukan untuk misi bulan. Bahkan, mereka bisa meninggalkan printer di sana untuk membangun lebih banyak mesin.
  5. Arsitektur
    Arsitek adalah salah satu pengadopsi awal teknologi pencetakan 3D. Ketika arsitek perlu mempresentasikan hasil kerja mereka sebagai model skala fisik, pencetakan 3D akan selalu menjadi cara yang cepat dan efisien untuk melakukannya. Printer 3D membantu mengurangi tenaga dan waktu saat memvisualisasikan desain untuk klien.
  6. Penerangan
    Ada beberapa perlengkapan pencahayaan desainer dan kap lampu yang menggunakan pencetakan 3D di luar sana. Salah satunya, lampu gantung milik perusahaan Belanda yang menyelubungi tabung neon sehingga memberikan bentuk unik untuk solusi pencahayaan. Selain itu kamu dapat mengambil bentuk bunga atau bentuk lain yang menambah rasa ekstra untuk desain ruangan apa pun.
    Pembuatan aditif juga memungkinkan pengembangan optik untuk lampu dan LED. Karya Luxexcel dalam pencetakan optik sudah digunakan untuk berbagai lampu LED dan array. Ini mengubah cara kita memproyeksikan dan menghasilkan cahaya.
  7. Bidang Aksesoris/Perhiasan
    Jika kamu pemula menggunakan jasa print3D sangat bagus untuk membuat pernak-pernik dan pengaya kecil untuk kehidupan sehari-hari. Mencetak perhiasan adalah salah satu yang perlu kamu coba. Ini adalah ceruk lain dalam pencetakan 3D. Printer seperti Solidscape S300 sangat ideal untuk menciptakan cetakan lilin yang digunakan untuk menghasilkan perhiasan.
  8. Bidang Medis/Kedokteran
    Prospek penggunaan medis pencetakan 3D berkembang dengan sangat cepat ketika spesialis mulai menggunakan pencetakan 3D dengan cara yang lebih canggih. Pasien di seluruh dunia mengalami peningkatan kualitas perawatan melalui implan cetakan 3D dan prostetik yang belum pernah terlihat sebelumnya. Bahkan pena 3D membantu dalam operasi ortopedi.
  9. Industri Kuliner/Makanan
    Print 3D telah diserbu oleh industri makanan sejak lama yang digunakan sebagai titik penjualan unik untuk menarik pelanggan dari seluruh dunia. Hal ini dapat menciptakan berbagai macam bentuk makanan aneh seperti mungkin saja akan ada pasta yang berubah bentuk atau transparan yang tersebar di toko terdekat kamu. Bahkan Bahkan NASA mulai bertindak dengan pizza yang dicetak di ruang angkasa.

Itulah tadi beberapa aplikasi jasa print 3D yang telah dilakukan oleh perusahan besar di dunia. Tentunya dengan alat ini mempermudah dan memberikan waktu yang efisien dalam menghasilkan suatu produk. Kamu dapat memilih produk yang akan kamu ciptkan dengan print 3D sehingga dapat bersaing di pasar internasional.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *