Pilihan Bisnis 3D Printer Jakarta

Pilihan Bisnis 3D Printer Jakarta

Pilihan Bisnis 3D Printer Jakarta

Peluang bisnis saat ini banyak sekali pilihannya. Anda bisa menjadi pengusaha dengan menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuan dan modal yang Anda miliki. Jika modal yang Anda punya besar maka Anda juga bisa membuka bisnis dengan kapasitas besar pula seperti contohnya bisnis 3D printer Jakarta. Kenapa memilih Jakarta? Sebagai ibukota negara Indonesia tentu saja Jakarta sebagai pusat bisnis dan pusat perekonomian di Indonesia yang terus berkembang pesat. Segala bisnis ada di Jakarta mulai dari kapasitas kecil hingga besar namun tentu saja karena memilih kota sebesar Jakarta maka Anda harus lebih hati-hati. Jangan sampai Anda justru sampai salah langkah karena berpotensi merugikan diri Anda sendiri. Untuk bisnis 3D printer sendiri yang saat ini sedang hits di dunia bisnis dan industri maka perlu perhitungan yang lebih tajam agar tidak salah memilih karena jika sudah salah membeli printer maka barang tersebut tidak akan bisa dikembalikan lagi dan jika akan dijual maka termasuk barang second walaupun kondisinya belum pernah dipakai.

Modal menjalankan bisnis 3D printer Jakarta ini memang sangat besar namun sebanding dengan keuntungan yang nantinya juga bisa Anda nikmati. Saat ini kemajuan bisnis terus berjalan seiring dengan kemajuan teknologi. Dan yang sedang happening saat ini adalah sebuah printer tidak lagi hanya bisa mencetak gambar biasa saja namun justru bisa mencetak objek dengan bentuk 3 dimensi. Jika dulu hal itu terkesan mustahil maka saat ini semuanya bahkan sudah bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan maksimal. Dan saat ini belum banyak pengusaha yang menjalankan bisnis ini. Hal ini tentu saja membuat peluang bisnis ini terbuka semakin lebar dan besar. Anda bisa memulai bisnis ini dan siap-siap saja mendapatkan income yang fantastis. Anda bisa memilih akan menjalankan bisnis sebagai supplier printer 3D atau untuk membuka jasa layanan printing dengan 3D.

Jenis-jenis 3D Printer yang dijual

Untuk yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa pilihan untuk bisnis 3D printer Jakarta yang bisa Anda coba:

  • 3D Printing Service
    Bukan rahasia lagi jika harga 3D printer Jakarta maupun di kota lainnya di Indonesia masih sangat mahal. Apalagi jika Anda hanya menggunakan printer tersebut untuk kepentingan sesaat saja. Pikirkan dengan baik jika Anda berencana akan membeli printer tersebut. Jika bukan untuk kepentingan bisnis maka lebih baik urungkan saja niatnya. Karena harga satu unit printer dengan spesifikasi 3D ini sangatlah mahal maka Anda bisa mengambil peluang untuk menyediakan jasa printing 3D. Walaupun mungkin Anda belum punya skill yang berhubungan dengan 3D maka Anda bisa menyediakan jasa langsung print tanpa editing atau menghire karyawan yang sudah professional untuk bekerja dengan posisi sebagai editor. Jika ingin bisnis ini berkembang secara professional maka jangan takut untuk spekulasi dengan merekrut karyawan berpotensi.
  • Bisnis Souvenir Unik 3D
    Peluang berikutnya adalah dengan membuka bisnis souvenir unik dengan pilihan 3D. Souvenir biasanya dibutuhkan saat ada event seperti pernikahan, pertunangan, ulang tahun atau acara-acara khusus yang banyak dilakukan di berbagai kota bahkan untuk kebutuhan perorangan. Namun, untuk yang menjalankan bisnis souvenir maka membutuhkan kemampuan editing sehingga nantinya tidak membatasi konsumen yang memesan. Yang paling oke adalah apapun yang konsumen akan pesan maka sebagai penyedia jasa Anda harus bisa melayani pesanan tersebut. Jangan sampai klien melihat bahwa Anda tidak professional dengan memberikan layanan yang kurang lengkap. Jangan lupa untuk mensiapkan display khusus untuk souvenir yang pernah masuk ke tempat Anda dan yang sudah berhasil dibuat sehingga bisa menjadi contoh langsung untuk konsumen baru Anda.
  • Jualan Aksesoris 3D
    Bisa juga Anda memilih untuk menjual beragam aksesoris 3D hasil cetakan printer tersebut seperti miniature, gantungan kunci, hiasan dinding, patung dan sebagainya. Anda bisa menjual dalam partai besar sekaligus atau menjual secara eceran untuk harga yang lebih bisa dijangkau. Untuk berbagai model dan referensinya Anda bisa dapatkan dari berbagai sumber serta yang menyediakan contoh gratis dan bisa digunakan oleh siapapun. Ingat jangan pernah menggunakan karya orang lain dan mengaku sebagai hasil ciptaan sendiri karena itu melanggar hak cipta.
  • Produksi untuk Aneka Alat untuk Inovasi Baru Bisnis 3D
    Yang berikutnya adalah Anda bisa menjadi produsen untuk berbagai alat yang nantinya akan menjadi inovasi baru dalam bisnis 3D ini. 3D printer Jakarta terbuka untuk berbagai pilihan bisnis yang menarik sehingga bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis dalam skala luas sekaligus. Anda bisa menjaring banyak klien dengan alat cetak 3D yang mungkin belum pernah dilihat oleh orang lain sehingga mempercepat pekerjaan mereka untuk cepat selesai.
  • Menjadi Konsultan Bisnis Printing 3D
    Ini adalah bisnis yang juga sangat menantang, mengandalkan skill Anda juga kemampuan untuk menjual apa yang Anda miliki. Tidak semua orang bisa menjadi konsultan bisnis  terlebih untuk bisnis printer 3D yang memang tidak bisa sembarangan. Untuk menjadi konsultan ini Anda bisa melayani jasa untuk berbagai produk printer 3D yang ada, melayani jasa atau training penggunaan printer hingga keluar hasilnya dan lainnya. Jangan salah, jika profesi konsultan ini dijalankan secara professional maka hasilnya juga akan maksimal karena tidak semua orang bisa membagi ilmu yang mereka miliki dengan orang lain.

Berikut ini ada beberapa jenis printer 3D yang sudah banyak beredar di pasaran luas. Masing-masing memiliki spesifikasi dan kegunaan yang berbeda:

  • Factory Assembled 3D Printer
    Ini adalah salah satu 3D printer yang diproduksi langsung di pabrik atau built in. Untuk hasil cetak lebih akurat dan halus yang memang secara kualitas tidak perlu lagi diragukan. Untuk jenis assembled ini biasanya dioperasikan dengan menggunakan firmware sehingga memang harga jualnya di pasaran jauh lebih tinggi. Namun kelebihannya adalah untuk pengoperasiannya jauh lebih mudah dan sederhana. Jika ada masalah maka Anda akan mendapatkan garansi atau layanan konsumen untuk complain dan service langsung. Dulu mungkin hanya mereka yang memiliki skill tinggi saja yang bisa mengoperasikan printer model 3D ini namun saat ini bahkan Anda yang termasuk orang awam sekalipun tidak akan kesulitan saat harus menjalankan dan menggunakannya.
  • RepRap 3D Printer
    Ini adalah printer 3D dengan jenis open source dan memang sangat popular karena menggunakan free firmware yang namanya adalah Repetier. Banyak sekali printer dengan jenis ini yang kemudian di produksi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Untuk jenisnya sendiri ada 2 yaitu Box Model 3D Printer yang sangat mudah untuk di upgrade, di modifikasi. Bentuknya persegi sehingga semakin simple saat dipakai. Jenis yang kedua adalah Delta 3D Printer yang berbentuk segi enam dan hanya bekerja dengan menggunakan 3 motor penggerak yang berada di 3 pilar utama. Jadi, jenis 3D printer Jakarta mana yang akan Anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *